-->

REVIEW JURNAL INTERNASIONAL


EKONOMI REGIONAL REVIEW JURNAL INTERNASIONAL
REVIEW JURNAL INTERNASIONAL:
Judul: A Time Series Analysis of Regional Income Convergence in Brazil
1.    Yang dimaksud terindeks scopus
Jurnal-jurnal ilmiah yang terindeks scopus adalah jurnal yang menerapkan konsep penilaian sejawat (peer-reviewed journals), baik berupa jurnal dengan akses tertutup (subscription-based) atau terbuka (open-access).  Terdapat sekitar 21.000 judul jurnal yang diterbitkan oleh lebih dari 5.000 penerbit dari seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, sekitar 2.800 judul diantaranya berkonsep terbuka secara penuh dengan menarik biaya publikasi dari penulis (gold open-access journals).
2.    Apa tujuan dari melakukan review jurnal ilmiah
Tujuan dari review jurnal sendiri adalah untuk mempermudah dalam membahas inti hasil penelitian yang telah dilakukan seseorang
3.    Apa yang dilakukan sebelum review journal
Menemukan jurnal yang sesuai dengan topik yang diangkat (bedakan jurnal dengan artikel atau tutorial membaca keseluruhan dari isi jurnal mencoba untuk menuliskan kembali dengan bahasa sendiri pengertian dari jurnal/paper tersebut.
4.    Langkah-langkah peting dalam merieview jurnal
Bacalah bagian pendahuluan, kemukakan : - tujuan dari riset/penulisan artikel - alasan penulis memilih problem, sisi mana yang menarik dan layak diangkat - letak originalitas penelitian. Apakah penelitian itu mengemukakan satu pendekatan baru terhadap masalah yang sudah ada, ataukah memakai metode yang sudah ada untuk memecahkan satu aplikasi baru yang menarik, ataukah baik pendekatan maupun aplikasinya semua baru - masalah apakah yang ingin dijawab oleh author ? (problem formulation)
Langkah penting dalam meriveuw jurnal (2) bacalah bagian diskusi, kemukakan : - solusi apakah yang dipakai oleh author untuk menjawab pertanyaan riset di atas ? - bagaimana author mendesain eksperimen untuk menguji sistem yang dibuat ?apakah eksperimen itu berhasil ? Apakah ada contoh eksperimen yang tidak berhasil ? (mestinya selalu ada, karena tidak ada penelitian yang sempurna). Bagaimana author membahas penyebabnya ? Ataukah penyebab itu tidak dibahas sama sekali ?
Langkah penting dalam meriveuw jurnal (3) bacalah bagian conclusion dan coba cari informasi berikut apakah kesimpulan itu menjawab semua pertanyaan yang diajukan pada bagian introduction ? Dimanakah letak kontribusi terbesar dari penelitian itu ? Apakah ada masalah penelitian yang masih belum diselesaikan ?
Langkah penting dalam meriveuw jurnal (4) apakah anda memiliki ide lain untuk memecahkan masalah yang sama ? Dimanakah kelemahan dari paper yang anda baca ? (isi, penyajian, dsb) bacalah bagian referensi dan coba cari informasi berikut apakah referensi yang dipakai uptodate (tahun-tahun terakhir) ? Ataukah paper yang dijadikan referensi sudah terlalu lama ? Sekiranya anda tertarik untuk mengerjakan riset pada tema yang berdekatan, catatlah paper atau buku penting yang tercantum pada bagian referensi paper tsb.
Langkah penting dalam  apakah bacalah bagian kesimpulan. Kemukakan : meriveuw jurnal (5)  kesimpulan itu menjawab semua pertanyaan yang diajukan pada bagian  dimanakah letak kontribusi terbesar dari penelitian ituintroduction ?   Apakah ada masalah penelitian yang masih belum diselesaikan ?  Apakah anda memiliki ide lain untuk memecahkan masalah yang sama
     langkah penting dalam  dimanakah kelemahan dari paper yang anda baca ?meriveuw jurnal (6)   bacalah bagian referensi dan coba cari informasi(isi, penyajian, dsb)  berikut apakah referensi yang dipakai uptodate (tahun-tahun terakhir) ?  Sekiranyaataukah paper yang dijadikan referensi sudah terlalu lama ?  Anda tertarik untuk mengerjakan riset pada tema yang berdekatan, catatlah paper atau buku penting yang tercantum pada bagian referensi paper tsb. (sumber: andy haryoko, st/ http://slideplayer.info/slide/2694164/)
HASIL REVIEW
1.      Tentang penelitian yang bersangkutan
a.      Nama penulis dan tahun
Jurnal ini ditulis oleh 2 orang yaitu: Barossi-FilhoMilton&Carlos R. Azzoni pada tahun 2003
b.      Masalah pokok, tema penelitian dan pembahasan
Sedangkan masalah pokok dalam penelitian ini yaitu kovergensi pendapatan di daerah brazil
2.      Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian
a.      Tujuan penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menangani konvergensi pendapatan daerah di Brazil
b.      Konstribusi hasil penelitian
Penelitian ini memberikan cara baru untuk melihat dinamika ketimpangan pendapatan regional di Brazil.sehingga hal tersebut akan memudahkan pembuatan kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan secara regional
c.       Jenis dan sifat penelitian
Sifat dari penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional perubahan waktu untuk melihat kecendrungan (trend) perubahan yang terjadi atau korelasi antara waktu dengan besarnya perubahan yang terjadi yang dimulai dari initial stage sampai subsequent/ ultimate stag.

3.      Kerangka pemikiran
a.      Teori atau model yang terkait
Teori atau model yang terkaitdalam penelitian ini yaitu Lee dan Strazicich (1999c) menunjukkan bahwa dua-break distribusi pengujian minimum LM tidak perpengruh
Penulis menemukan lebih banyak bukti terhadap null hipotesis unit root dari Zivot dan Andrews (1992), tapi kurang dari Perron (1989), ketika asli jangka panjang 13 tahunan time series makroekonomi diuji oleh Nelson dan Plosser (1982) diperhitungkan.
Tiga struktural yang dikembangkan di Perron (1989):: the crash model
b.      Grand teori
Ada pun pilahan teori atau model yang utama dalam penelitian ini adalah Tiga struktural istirahat model yang dikembangkan di Perron (1989):: the crash model
c.       Hipotesis yang ada
Menguji hipotesis nol dari unit root dalam ADF standar dan PP kerangka
d.      Memetakan susunan teori yang digunakan atau dikembangkan oleh para peneliti sebelumnya
Lee dan Strazicich (1999c) menunjukkan bahwa dua-break distribusi pengujian minimum LM tidak perpengruh
penulis menemukan lebih banyak bukti terhadap null hipotesis unit root dari Zivot dan Andrews (1992), tapi kurang dari Perron (1989), ketika asli jangka panjang 13 tahunan time series makroekonomi diuji oleh Nelson dan Plosser (1982) diperhitungkan
tiga struktural istirahat model yang dikembangkan di Perron (1989):: the crash model
4.      Motode penelitan dan model yang akan diuji
a.       Objek penelitian: objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data pendapatan perkapita dengan sampel yang digunakan yaitu menggunakan data  dari 20 negara yang ada dibrazil(sampel 20 negara dari 27 negara yang ada)/ metode sampling.
b.      Data dan variabel
Dalam penelitian ini menggunakan data pendapatan perkapita yaitu data time series adapun variabelnya yaitu variabel terikat berupa pendapatan perkapita wilayah, negara.
c.       Metode analisis: metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa metodologi ekonometrik melalui uji root
d.      Desaign penelitian, model yang hendak diuji dan dibuktikan
Model yang hendak diuji yaitu crash model and the break trend model 


5.      Hasil penelitian
a.       Deskripsi atau interpretasi hasil penelitian: dalam penelitian ini interpretasi dapat dirangkum seagai berikut ini: hasil menunjukkan bahwa dua negara dari wilayah Utara berada dalam situasi yang Konvergensi, mengkonfirmasikan hasil analisis regional di paragraf sebelumnya. Hal ini juga menarik bahwa SP, negara terkaya, dan PI, paling miskin, juga dalam situasi ini. Dengan demikian, meskipun untuk sebagian besar negara konvergensi stokastik hadir, ekstrem distribusi tingkat pendapatan di negara ini tidak terpengaruhConvergence
b.      Analisis
Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa ada tanda-tanda konvergensi stokastik pendapatan di tingkat regional makro, dengan pengecualian dari wilayah Utara. Konvergensi dalam daerah, yaitu, negara konvergen ke tingkat pendapatan di wilayah mereka milik, tidak homogen di dalam negeri. Hal ini hadir untuk semua negara di wilayah Utara, Mid-Barat dan Tenggara, tetapi tidak muncul untuk semua negara di Timur Laut (dua pengecualian dari sembilan negara) dan Selatan (satu pengecualian dari tiga negara) daerah. Penelitian ini memberikan cara baru untuk melihat dinamika ketimpangan pendapatan regional di Brazil. Kami mampu mereplikasi hasil studi cross-section yang menunjukkan tanda-tanda konvergensi mutlak antara negara-negara, tergantung pada periode dipertimbangkan. Dimasukkannya the break trend model  seri diperbolehkan untuk pertimbangan periode yang berbeda dari konvergensi atau divergensi, yang diidentifikasi dalam Azzoni (2001). Selain itu, kami mampu melihat yang daerah dan negara yang berkontribusi terhadap konvergensi dan mana yang bertindak sebaliknya.

6.      Keterbatasan dan konstribusi penelitian
a.      Kerangka yang dibangun dalam penelitan tersebut
Kerangka yang dibangun dalam penelitian ini yaitu kovergensi pendapatan regional dibrazil mengguakan model yang dikebangkan oleh person
b.      Model yang digunakan sebagai refrensi dengan menggunakan metode eknometrika dengan dua model yang digunakan sebagai refrensi yaitu crash model and break trend models yang dikembangkan Perron (1989):.
c.       Metode penelitian
Metode dalam penelitian ini berupa kuantiatif yaitu dengan menggunakan data pendapatan per kapita yang ada di Brazil dengan sampel 20 negara dan data yang digunakan berupa data time series ada pun skala pengukurannya megunakan ekonometri.
d.      Berdasarkan pembahasan interpretasi
Setelah dilakukan pengujian dapat kita lihat bahwa hasil penelitian sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk menangani konvergensi pendapatan daerah di Brazil. Dari hasil penelitian terlihat bahwa menunjukkan bahwa ada tanda-tanda konvergensi stokastik pendapatan di tingkat regional makro, dengan pengecualian dari wilayah Utara.
e.       Konstribusi dan manfaat penelitian serta karakteristik tujuan penelitian: maanfaat dari jurnal ini yaitu untuk pengambilan kebijakan yang pro kemiskinan dimana konvergensi adalah keadaan dimana perekonomian di daerah miskin cenderung tumbuh lebih cepat dibandingkan daerah kaya. Dengan adanya penelitian ini pemerintah Brazil bisa membuat kebijakan pemerataan pembangunan dengan berpatokan pada hasil penelitian yang nantinya akan berpengaruh terhadap pendapatan regional.
7.      Rencana atau ide bagi penelitian selanjutnya
Ide penelitian analisis time series konvergensi pendapatan regional di  Indonesia

Review keseluruan: Secara konten keseluruhan jurnal ini sudah terlihat sangat baik dalam hal mendeskripsikan apa yang ingin disampaikan oleh peneliti. Karena penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan metode secara kuantitatif. Dalam penelitian ini sudah disampaikan secara jelas teori apa yang mejadi dasar pemikira, jenis data  dan  metode yang digunakaan serta dalam  jurnal ini juga disampaikan apa tujuan dari penelitian serta hasil peneitian yang telah dilakukan. Dalam jurnal ini juga menggunakan berbagai refrensi yang dapat digunakan  seagai bahan acuan penelitian. Namun dalam journal ini tidak dijelaskan jenisis penelitian yang dipakai dan juga apa manfaat penelitian  yang dilakukan.

Alamat journal http://www.usp.br/nereus/wpcontent/uploads/TDNereus_09_03.pdf


Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email
lubankbuku.com. Powered by Blogger.
Copyright © | by: Me