LAPORAN PENGAMATAN USAHA
KECIL”PENJUAL JUS”
Disusun Oleh:
Agus Muhdiaji 1411021005
Laila Sekar
Wigati 1411021062
Malik Al Hafiizh 1411021070
Nanang Setiadi 1411021080
Regis Lano 1411021090
Rizzo Anindito R 1411021094
JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................................. i
KATA PENGANTAR.............................................................................. ii
DAFTAR ISI.............................................................................................. ii
1.
Latar
Belakang.................................................................................... 1
2. Analisis Usaha Penjualan Jus............................................................. 1
2.1 Analisis SWOT...................................................................................... 2
2.2 Identifikasi 4P....................................................................................... 3
2.3 Nilai-Nilai Kewirausahaan Penjual Jus.................................................. 4
2.4 Model Bisnis.......................................................................................... 4
3. Perbaikan Usaha Penjualan Jus......................................................... 5
3.1 Investasi yang dibutuhkan..................................................................... 5
3.2 Sumber Dana Investasi.......................................................................... 6
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur
kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat
dan Karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini
tepat pada waktunya. Makalah ini membahas tentang Usaha kecil yaitu penjualan
jus yang di lakukan oleh ibu Rajiem.
Penulisan makalah
adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas
mata kuliah kewirausahaan. Di samping itu, makalah ini juga disusun agar
pembaca dapat memperluas ilmu tentang Usaha Kecil yang kami sajikan berdasarkan
pengamatan dari berbagai sumber.
Kami tidak lupa
mengucapkan terimakasih pada pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan
makalah ini. Terutama kepada pemilik usaha kecil Ibu Rajiem dan mbak Tri selaku
anak dari ibu Rajiem yang turut membantu dalam mejalankan usaha ter sebut.
Dalam Penulisan
makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan
maupun materi, mengingat akan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu kritik dan
saran yang membangun dari semua pembaca sangat kami harapkan demi penyempurnaan
pada tugas makalah kami berikutnya. Terimakasih.
Bandar lampung, 30 Maret 2015,
Penulis,
1.
Latar Belakang
Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi
masyarakat maka diperlukan peran serta para pelaku ekonomi atau para pengusaha
sesuai dengan bidangnya masing-masing.Demikian juga, dorongan dan motivasi baik
dari pemerintah maupun masyarakat terhadap pengusaha terutama usaha kecil dan
menengah demi meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya dan ekonomi
masyarakat pada umumnya.
Maka dari itu penulis mencoba melakukan
observasi lapangan atau langsung bertemu dengan salah satu penjual yang melakukan
usaha kecil yang menurut kelompok kami menarik untuk dibahas karena melakukan
kegiatan usahanya di tempat yang ramai akan aktivitas mahasiswa dan usaha
tersebut baru dirintis beberapa bulan. Kami melakukan wawancara untuk mengetahui sejauh
mana usaha dan upaya peningkatan ekonomi keluarganya, bagaimana peran serta
teknologi terkait usaha tesebut.
2.
Analisis Usaha Penjualan Jus
Kami melakukan wawancara terhadap penjual jus
bernama ibu rajiem yang beroperasi didepan geraha kemahasiswaan dan koperasi
mahasiswa unila berdasarkan wawancar kami ada beberapa informasi tentang usaha
yang dijalani ibu rajiem. Ibu rajiem menjual beberapa varian jus buah seperti
semangka, melon, mangga, buah naga dan tomat. Alasan ibu rajiem membuka usaha
tersebut adalah untuk mencari pendapatan yang lebih baik dari usaha sebelumnya
yaitu jualan nasi uduk. Ibu rajiem berjualan dibantu dengan anaknya yaitu mbah
tri, dalam menjalankan usaha tersebut ibu rajiem menggunakan modal sendiri yang
terbatas. Untuk mengenalkan usaha nya ibu rajiem melakukan promosi lewat fb,
twiterr dan bbm yang di operasikan oleh mbak tri.
2.1 Analisis SWOT
Kekuatan
Jus buah merupakan salah satu minuman
yang disukai banyak orang karena minuman ini segar dan menyehatkan. Kandungan
dalam buah seperti vitamin dan mineral sangat diperlukan oleh tubuh. Tempat
usaha di depan graham kemahasiswaan dn depan kopma unila sehingga mudah untuk
memperkenalkan produk karena tempat tersebut banyak mahasiswa yang melakukan
aktivitas kemahasiswaan.
Kelemahan
Buah-buahan mempunyai daya tahan yang
kurang lama, akibatnya cepat membusuk. Selain itu ada juga buah yang hanya ada
kalau sedang musimnya saja misal mangga. Kalau lagi musimnya harganya murah dan
banyak dipasaran. Kalau bukan musimnya, harganya selangit.
Sebaiknya di musim hujan, stok buah
dan es batu tidak sebanyak musim kemarau. Karena penjualan dimusim hujan tidak
sebaik dimusim kemarau.
Selain itu juga untuk menutup modal
cenderung membutuhkan waktu yang agak lama karena menggunakan modal pribadi.
Usaha kurang berkembang karena
minimnya modal. Solusi yang dapat digunakan yaitu mencari pinjaman khusus untuk
usaha kecil.
Peluang
Usahapenjualan jus berdaya
saing minim karena ditempat sekitar penjualan belum ada usaha yang serupa.
Ancaman
Untuk ancaman, mungkin banyak usaha
sejenis yang sudah mempunyai brand (waralaba) di luar tempat usaha dan
juga sewaktu-waktu ada usaha yang serupa disekitar rempat usaha karena masih
tersedianya tempat untuk usaha.
2.2 Identifikasi 4P
Adapun analisis 4P dari penjualan jus yaitu:
Product
Dalam usaha ini menjual beberapa jenis jus
yaitu: jus semangaka, melon, buah naga, tomat dan mangga dan dalam penjualan
jus menggunakan gula murni.
Price
Dalam melakukan usaha ini penjual mematok
harga yang relative murah sesuai dengan kantong mahasiswa yaitu seluruh jenis
jus rp 5000 per cup.
Pleace penjualan jus bertempat di depan graha
kemahasiswaan dan juga kopma unila sehingga tempat tersebut sangat strategis
karena tempat tersebut digunakan bagi para mahasiswa beraktivitas dalam UKM(unit
kegiatan mahasiswa).
Promotion
Untuk mengenalkan ke para calon consumen
penjual melakukan promosi dengan cara yaitu memasang baner ditempat usaha,
mempromosikan langsung ke orang-orang yang berlalulalang disekitar tempat
usaha, dengan dibantu anaknya penjual juga melakukan promosi melalui media
social berupa:fb, twitter dan bbm.
2.3 Nilai-Nilai Kewirausahaan Penjual Jus
Adapun nilai kewirasusahaan penjual jus dari
hasil pengamatan kami melalui wawancara disini penjual jus memiliki sifat
kewirausahaan yaitu memiliki semangat tinggi dan tidak mudah menyerah walaupun
tiap hari menjual jusnya tidak selalu ramai, seperti saat kami wawancara pada
jusnya hanya terjual 10 cup biasanya 15-20 cup, walaupun demikian penjual jus
tetap sabar dan semngat menantikan pembeli.
2.4 Model Bisnis
a.
Target konsumen
Dalam menjual jus target utama yaitu mahasiswa unila.
b.
Produk
Dalam menjual jus ada beberapa jenis varian yang disediakan yaitu jus
semangka, melon, mangga, tomat, dan buah naga.
c.
Chanel
Penjualan jus dilakukan di depan gedung graham kemahasiswaan unila
karena disana banyak mahasiswa yang melakukan gegiatan sehingga kita mudah
menjangkau target konsumen yaitu mahasiswa.
d.
Coustomer relationship
Cara untuk membuat hubungan dengan konsumen yaitu dalam penjualan jus
pedagang dibantu anaknya melalui media social mempromosikan produk dan
penawaran khusus.
e.
Revenue stream
Disini omset perhari dari jualan jus 50-100 ribu.
f.
Sumber daya yang digunakan
Dalam menjual jus sumber daya yang dilakukan yaitu: tempat usaha,bahan
jus buah-buahan segar, es batu, gula pasir, blender dan listrik.
g.
Key aktivitieis
Dalam membuat jus dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: pengupasan
buah, memblender buah+es batu+gula pasir, setelah itu pengemasan jus ke dalam
cup.
3. Perbaikan Usaha Penjualan Jus
3.1 Investasi yang dibutuhkan
Dalam
menjual jus pedagang terbatas modal sehingga penjual hanya menjual beberapa
jenis jus. Sedangkan untuk melakukan usaha agar menarik pelanggan di perlukan
berbagai macam inovasi yaitu menggabungkan beberapa jenis buah untuk
menciptakan rasa baru, menambah daunt mint untuk memberi rasa tersendiri dalam jus, menambahkan susu
atau pun menambah toping lain supaya konsumen tertarik untuk membeli jus.
Selain itu juga di perlukan tempat duduk dan meja yang nyauatan jus cepat man, menambah
blendir agar proses pemb senhingga pengunjung merasa nyaman dalam menikmati
jus, oleh sebab itu dibutuhkan investasi guna mengembangkan usaha tersebut.
Jumlah yang dibutuh kan yaitu:
untuk
membeli kursi dan meja rp. 2.500.000
Membeli
blender rp 500.000
Membeli
bahan jus rp. 500.000
Dan
Lain-Lian rp 1.500.000
Total
investasi yang di butuhkan rp 5.000.000
3.2 Sumber Dana Investasi
Guna
mengembangkan usaha dibutuhkan modal tambahan, bagi usaha kecil seperti usaha
ibu rajiem dapat melakukan. Beberapa lembaga perbankan meluncurkan program
Kredit Tanpa Agunan (KTA) (BRI, BNI, MANDIRI MUAMALAT), yaitu kredit perorangan
yang tidak menggunakan agunan sebagai jaminan untuk keperluan konsumtif. Untuk
para pemula usaha, kredit ini dapat menjadi salah satu sumber pendanaan bagi yang
tidak memerlukan kredit dalam jumlah besar.
Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs