-->

Laporan pengamatan usaha kecil



LAPORAN PENGAMATAN USAHA KECIL”PENJUAL JUS”



                      Disusun Oleh:
Agus Muhdiaji        1411021005
Laila Sekar Wigati 1411021062
Malik Al Hafiizh      1411021070
Nanang Setiadi      1411021080
Regis Lano            1411021090
Rizzo Anindito R    1411021094







JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015







DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.................................................................................. i
KATA PENGANTAR.............................................................................. ii
DAFTAR ISI.............................................................................................. ii
1.      Latar Belakang.................................................................................... 1
2.      Analisis Usaha Penjualan Jus............................................................. 1
2.1  Analisis SWOT...................................................................................... 2
2.2  Identifikasi 4P....................................................................................... 3
2.3  Nilai-Nilai Kewirausahaan Penjual Jus.................................................. 4
2.4  Model Bisnis.......................................................................................... 4

3.      Perbaikan Usaha Penjualan Jus......................................................... 5
3.1  Investasi yang dibutuhkan..................................................................... 5
3.2  Sumber Dana Investasi.......................................................................... 6



KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini membahas tentang Usaha kecil yaitu penjualan jus  yang di lakukan oleh ibu Rajiem.

Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah kewirausahaan. Di samping itu, makalah ini juga disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang Usaha Kecil yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.

Kami tidak lupa mengucapkan terimakasih pada pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini. Terutama kepada pemilik usaha kecil Ibu Rajiem dan mbak Tri selaku anak dari ibu Rajiem yang turut membantu dalam mejalankan usaha ter sebut.

Dalam Penulisan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang kami miliki. Untuk itu kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca sangat kami harapkan demi penyempurnaan pada tugas makalah kami berikutnya. Terimakasih. 

Bandar lampung, 30 Maret 2015,
Penulis,

1.            Latar Belakang

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat maka diperlukan peran serta para pelaku ekonomi atau para pengusaha sesuai dengan bidangnya masing-masing.Demikian juga, dorongan dan motivasi baik dari pemerintah maupun masyarakat terhadap pengusaha terutama usaha kecil dan menengah demi meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya dan ekonomi masyarakat pada umumnya.

Maka dari itu penulis mencoba melakukan observasi lapangan atau langsung bertemu dengan salah satu penjual yang melakukan usaha kecil yang menurut kelompok kami menarik untuk dibahas karena melakukan kegiatan usahanya di tempat yang ramai akan aktivitas mahasiswa dan usaha tersebut baru dirintis beberapa bulan. Kami  melakukan wawancara untuk mengetahui sejauh mana usaha dan upaya peningkatan ekonomi keluarganya, bagaimana peran serta teknologi terkait usaha tesebut.

2.            Analisis Usaha Penjualan Jus
Kami melakukan wawancara terhadap penjual jus bernama ibu rajiem yang beroperasi didepan geraha kemahasiswaan dan koperasi mahasiswa unila berdasarkan wawancar kami ada beberapa informasi tentang usaha yang dijalani ibu rajiem. Ibu rajiem menjual beberapa varian jus buah seperti semangka, melon, mangga, buah naga dan tomat. Alasan ibu rajiem membuka usaha tersebut adalah untuk mencari pendapatan yang lebih baik dari usaha sebelumnya yaitu jualan nasi uduk. Ibu rajiem berjualan dibantu dengan anaknya yaitu mbah tri, dalam menjalankan usaha tersebut ibu rajiem menggunakan modal sendiri yang terbatas. Untuk mengenalkan usaha nya ibu rajiem melakukan promosi lewat fb, twiterr dan bbm yang di operasikan oleh mbak tri.


2.1 Analisis SWOT
Kekuatan
Jus buah merupakan salah satu minuman yang disukai banyak orang karena minuman ini segar dan menyehatkan. Kandungan dalam buah seperti vitamin dan mineral sangat diperlukan oleh tubuh. Tempat usaha di depan graham kemahasiswaan dn depan kopma unila sehingga mudah untuk memperkenalkan produk karena tempat tersebut banyak mahasiswa yang melakukan aktivitas kemahasiswaan.
Kelemahan
Buah-buahan mempunyai daya tahan yang kurang lama, akibatnya cepat membusuk. Selain itu ada juga buah yang hanya ada kalau sedang musimnya saja misal mangga. Kalau lagi musimnya harganya murah dan banyak dipasaran. Kalau  bukan musimnya, harganya selangit.
Sebaiknya di musim hujan, stok buah dan es batu tidak sebanyak musim kemarau. Karena penjualan dimusim hujan tidak sebaik dimusim kemarau.
Selain itu juga untuk menutup modal cenderung membutuhkan waktu yang agak lama karena menggunakan modal pribadi.
Usaha kurang berkembang karena minimnya modal. Solusi yang dapat digunakan yaitu mencari pinjaman khusus untuk usaha kecil.
Peluang
Usahapenjualan jus berdaya saing minim karena ditempat sekitar penjualan belum ada usaha yang serupa.


Ancaman
Untuk ancaman, mungkin banyak usaha sejenis  yang sudah mempunyai brand (waralaba) di luar tempat usaha dan juga sewaktu-waktu ada usaha yang serupa disekitar rempat usaha karena masih tersedianya tempat untuk usaha.
2.2 Identifikasi 4P
Adapun analisis 4P dari penjualan jus yaitu:

Product
Dalam usaha ini menjual beberapa jenis jus yaitu: jus semangaka, melon, buah naga, tomat dan mangga dan dalam penjualan jus menggunakan gula murni.

Price
Dalam melakukan usaha ini penjual mematok harga yang relative murah sesuai dengan kantong mahasiswa yaitu seluruh jenis jus rp 5000 per cup.

Pleace penjualan jus bertempat di depan graha kemahasiswaan dan juga kopma unila sehingga tempat tersebut sangat strategis karena tempat tersebut digunakan bagi para mahasiswa beraktivitas dalam UKM(unit kegiatan mahasiswa).

Promotion
Untuk mengenalkan ke para calon consumen penjual melakukan promosi dengan cara yaitu memasang baner ditempat usaha, mempromosikan langsung ke orang-orang yang berlalulalang disekitar tempat usaha, dengan dibantu anaknya penjual juga melakukan promosi melalui media social berupa:fb, twitter dan bbm.

2.3 Nilai-Nilai Kewirausahaan Penjual Jus
Adapun nilai kewirasusahaan penjual jus dari hasil pengamatan kami melalui wawancara disini penjual jus memiliki sifat kewirausahaan yaitu memiliki semangat tinggi dan tidak mudah menyerah walaupun tiap hari menjual jusnya tidak selalu ramai, seperti saat kami wawancara pada jusnya hanya terjual 10 cup biasanya 15-20 cup, walaupun demikian penjual jus tetap sabar dan semngat menantikan pembeli.

2.4 Model Bisnis
a.          Target konsumen
Dalam menjual jus target utama yaitu mahasiswa unila.
b.         Produk
Dalam menjual jus ada beberapa jenis varian yang disediakan yaitu jus semangka, melon, mangga, tomat, dan buah naga.
c.          Chanel
Penjualan jus dilakukan di depan gedung graham kemahasiswaan unila karena disana banyak mahasiswa yang melakukan gegiatan sehingga kita mudah menjangkau target konsumen yaitu mahasiswa.
d.         Coustomer relationship
Cara untuk membuat hubungan dengan konsumen yaitu dalam penjualan jus pedagang dibantu anaknya melalui media social mempromosikan produk dan penawaran khusus.
e.          Revenue stream
Disini omset perhari dari jualan jus 50-100 ribu.
f.          Sumber daya yang digunakan
Dalam menjual jus sumber daya yang dilakukan yaitu: tempat usaha,bahan jus buah-buahan segar, es batu, gula pasir, blender dan listrik.


g.         Key aktivitieis
Dalam membuat jus dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: pengupasan buah, memblender buah+es batu+gula pasir, setelah itu pengemasan jus ke dalam cup.

3.      Perbaikan Usaha Penjualan Jus

3.1  Investasi yang dibutuhkan

Dalam menjual jus pedagang terbatas modal sehingga penjual hanya menjual beberapa jenis jus. Sedangkan untuk melakukan usaha agar menarik pelanggan di perlukan berbagai macam inovasi yaitu menggabungkan beberapa jenis buah untuk menciptakan rasa baru, menambah daunt mint untuk memberi  rasa tersendiri dalam jus, menambahkan susu atau pun menambah toping lain supaya konsumen tertarik untuk membeli jus. Selain itu juga di perlukan tempat duduk  dan meja yang nyauatan jus cepat man, menambah blendir agar proses pemb senhingga pengunjung merasa nyaman dalam menikmati jus, oleh sebab itu dibutuhkan investasi guna mengembangkan usaha tersebut. Jumlah yang dibutuh kan yaitu:

untuk membeli kursi  dan meja           rp. 2.500.000
Membeli blender                                   rp     500.000
Membeli bahan jus                                rp.    500.000
Dan Lain-Lian                                      rp  1.500.000
Total investasi yang di butuhkan          rp  5.000.000







3.2  Sumber Dana Investasi
Guna mengembangkan usaha dibutuhkan modal tambahan, bagi usaha kecil seperti usaha ibu rajiem dapat melakukan. Beberapa lembaga perbankan meluncurkan program Kredit Tanpa Agunan (KTA) (BRI, BNI, MANDIRI MUAMALAT), yaitu kredit perorangan yang tidak menggunakan agunan sebagai jaminan untuk keperluan konsumtif. Untuk para pemula usaha, kredit ini dapat menjadi salah satu sumber pendanaan bagi yang tidak memerlukan kredit dalam jumlah besar.








 



Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email
lubankbuku.com. Powered by Blogger.
Copyright © | by: Me