-->

PERENCANAAN PELAKSANAAN USAHA KECIL






PERENCANAAN PELAKSANAAN USAHA KECIL






                      Disusun Oleh:
Agus Muhdiaji        1411021005
Laila Sekar Wigati 1411021062
Malik Al Hafiizh      1411021070
Nanang Setiadi      1411021080
Regis Lano            1411021090
Rizzo Anindito R    1411021094







JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015


1.       LATAR BELAKANG 

Kesuksesan suatu klub sepakbola tidak akan lepas dari peran fans fanatiknya yang selalu mendukung di tiap pertandingan mereka. Apapun jenis barang yang berhubungan dengan klub favorit pasti akan dikoleksi. Salah satunya jersey bola atau kaos jersey yang makin marak belakangan ini dan membuat kaos jersey menjadi fenomena untuk para fans sepak bola.

Para fans fanatik rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengkoleksi kaos jersey dari klub favoritnya. Walaupun tiap tahun berganti model, sudah pasti mereka akan selalu setia memborong semua model jersey bola yang diluncurkan oleh klub tersebut. Hal tersebut yang mendasari kami untuk melakukan atau menjalankan usaha penjualanan jersey, selain banyaknya fans fanitik yang mendasari kami melakukan penjualan jesey disini ada salah satu anggota kami yang memiliki relasi langsung dengan supplier jersey sehingga kami dapat dengan mudah mendapatkan jersey dengan harga yang relative murah dan juga kami dengan mudah mengupdate jenis jersey yang selalui berubah trend.

Adapun tujuan penjualan jersey agar memudahkan para fans sepak bola untuk mendapatkan jersey dari timnas maupun klub idolanya dan juga belajar untuk berwirausaha yang baik.

2.      Strategi Pelaksanaan

2.1  Pembuatan Produk/ Jasa dan Attributnya
      Dalam penjualan jersey kami tidak melakukan proses pembuatan produk, akan tetapi kami mengambil bahan jadi ke supplier yaitu berupa jersey bola. Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier jersey bola, kami mengambil dari supplier yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak akan merugikan berbagai pihak, baik dari pihak usaha maupun konsumen.



2.2 Penentuan harga
Adapun rinciannya sebagai berikut:

1.      Modal membeli jersey Rp.70.000x50pcs              =RP. 3.500.000
2.      Biaya iklan(cetak brosur)                                      = Rp.100.000
3.      Sewa tempat penyimpanan+keamanan                 =RP. 100.000
4.      Biaya media social                                                =Rp. 50.000
Total modal                                                           =Rp. 3.750.000
Total modal per psc yang dikeluarkan 3.750.000/50psc= Rp.75.000per-psc
Adapun penentuan harga jual jersey yaitu dengan modal rp.75.000 per-psc + keuntungan yang akan diambil yaitu 25.000 per-psc sehingga total harga jual per-pcs adalah RP.100.000

2.3 Penentuan Promosi
      kita memjual produk secara  online, dan juga bekerjasama dengan pemilik pusat olahraga dalam proses promosi dengan cara yaitu kita membuka stan-stan di lingkungan pusat olahraga .  memanfaatkan waktu car free day untuk mempromosikan jersey karena pada hari itu banyak masasyarakat yang melakukan olahraga. Mempromosikan produk melalui media social dan juga menyebar brosur produk. semua anggota kelompok bertugas memasarkan karena semua memiliki media social. Untuk pembelian lebih dari sepuluh psc. diskon 10%. Untuk Bandar lampung dan pring sewu free ongkir.



2.4 Distribusi Produk
Strategi distribusi di sini kami akan menampung pesanan  yang berada di lampung seperti:
1. metro
2. pringsewu
3. lampung tengah (bandar jaya)
4. lampung timur
5.tanggamus
Kami juga menerima pesanan dari luar daerah lampung.  Dalam strategi distribusi kami memberikan sampel produk dan daftar catalog gambar produk yang kami di brosur, media sosila yang kami gunakan untuk iklan. Selanjutnya bila terdapat pesanan atau order dapat langsung hubungi kami  via sms, BBM  atau langsung dapat mengirim pesanan via email.


2.5 Strategi Keuangan
Strategi untuk memulai usaha ini yaitu dengan menghimpun modal dari para anggota Total Modal per orang Rp. 3.750.000/6 orang                               =Rp. 625.000 per-orang















3.      Jadwal (Produksi, Operasional)
Jadwal penjualan jersey kami sesuaikan dengan jadwal kami sebagai mahasiswa yang harus melaksanakan kuwajiban sebagai mahasiswa yaitu mengikuti perkuliahan. Adapun jadwal oprasional usaha kami sebagai berikut:
Hari senin: jam 13.00-21.00 wib
Hari selasa: jam 08-12 dan 16.00-21.00 wib
Hari rabu : jam 13.00-21.00 Wib
Hari Kamis: jam 16.00-21.00 wib
Hari jum’at: jam 13.00-21.00
Hari sabtu dan minggu jam: 08.00-21.00 wib

analisis Swot
1.strengths(kekuatan)
      Kekuatan dari usaha ini adalah banyaknya fans fanatiknya club sepak bola yang dapat menguntung kan kerena fans fanatic rela merogoh uang berapa pun guna mendapatkan atribut club sepak bola salah satunya jersey.
2.weakness(kelemahan)
      Kelemahan dari usaha ini adalah usaha ini berbasis online jadi apabila terjadi ganguan jaringan maka kami tidak dapat melakukan aktifitas penjualan.
3.opportunitities(peluang)
Peluang dari usaha ini sangatlah besar karena seperti dijelaskan diatas, saat ini banyak sekali jumlah fans fanatic dari berbagai club sepak bola. Selain itu juga sekarang banyak sekali jumlah pertandingan sepak bola yang akan menguntungkan karena pada setiap pertandingan banyak fans fanatic yang akan mencari jersey baru guna mendukung club idola mereka.
4.theats(ancaman)
Ancaman dari usaha ini adalah banyak usaha sejenis. Untuk mengatasi masalah tersebut kami akan memberikan sesuatu yang berkualitas dan tidak mengecewakan pelangggan/ konsumen.


Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email
lubankbuku.com. Powered by Blogger.
Copyright © | by: Me